Sejak pabrikan Suzuki rilis mobil Karimun Wagon R, peminatnya banyak berjubel. Bisa jadi karena harganya yang murah, desainnya yang unik dan bentuknya yang compact atau mini. Namun sebenarnya biaya servis mobil Karimun juga lebih irit dibandingkan dengan mobil sekelasnya.
Hal ini karena komponen pada mobil Karimun Wagon banyak yang diproduksi di dalam negeri. Artinya terhindar dari bea masuk, ongkos pengiriman, sehingga harganya menjadi lebih murah. Beberapa spare part dari Karimun Wagon memang ada yang masih impor, namun sebagian besar sudah bisa diproduksi di dalam negeri.
Angka rasio antara komponen local dan impornya memang sudah lebih banyak kandungan lokalnya, dan ini akan berkembang menjadi lebih baik. Diharapkan memang semua komponen mobil Karimun bisa diproduksi di dalam negeri, sehingga berakibat positif bagi pertumbuhan industri mobil dalam negeri. Namun yang lebih penting harga mobil menjadi lebih murah dan irit.
Pada mobil Karimun Wagon dan semua mobil lainnya memang memiliki komponen dasar dan komponen bergerak. Biasanya angka kerusakan atau keausan antar komponen akan berbeda-beda, ini bergantung akan pemakaian, penggunaan mobil. Namun pada komponen mobil yang bergerak memiliki rasio keausan yang lebih besar.
Pada mobil Karimun Wagon komponen bergeraknya memang memiliki kandungan local yang lebih banyak dibandingkan mobil LCGC lainnya. Ini tentunya sangat menguntungkan dalam menekan biaya servus mobil yang dilakukan secara rutin. Bisa jadi angka atau biaya yang dihemat akan bervariasi tergantung pada penggunaan mobil dan kondisi jalan yang dilalaui oleh mobil.
Memang kerusakan mobil, keausan komponennya menjadi hal utama dalam pemeliharaan mobil. Biasanya bila tidak rutin dicek atau diservis, maka keausan atau kerusakan komponen bisa merembet ke komponen lainnya. Para teknisi mobil memang menyarankan untuk rutin cek mobil atau servis mobil, terutama bila sering dipakai luar kota.
Ada perbedaan penting bila Karimun dipakai di dalam kota dan di luar kota. Tentunya bila Mobil sering dipakai diluar kota akan memiliki ambang penggunaan komponen yang lebih tinggi. Angka keausan onderdilnya menjadi lebih tinggi, ini dimungkinkan akan mempengaruhi pemeliharaan mobil secara keseluruhan.
Beberapa komponen bergerak pada mobil Karimun Wagon antara lain engine mounting LH dan RR, piston, crankshaft, valve intake, valve exhaust, air cleaner, filter oil, fan cooling, radiator assy, cover cluth, disc clutch, lampu, wiper atau kipas, karet wiper, suspensi, shockbreaker, knuckle steer, tie rod, sepatu rem, pad set, disc brake, panel kap mesin, panel pintu belakang, bumper, gril, kaca depan, kaca belakang, spion, V-belt, dan condenser. Semuanya memiliki kandungan local sehingga harganya lebih murah dibandingkan komponen para pesaingnya.
Memang akan lebih menghemat ongkos servis bila memiliki mobil Karimun Wagon R. Namun yang penting adalah pemeliharaan mobil yang rutin harus diperhatikan. Apalagi bila sering digunakan keluar kota, maka rasio servis mobil Karimun menjadi lebih tinggi. Namun jangan menunggu jadwal servis bila ada kondisi atau suara yang tidak lazim pada mobil Karimun, segera bawa ke tempat servis Karimun.